Our Store

TOKO "Galeri Kotak Seserahan" jalan Tole Iskandar km.2, depan SD Cipayung Depok, Buka Senin sd Sabtu jam 10.00 sd 19.00, Minggu jam 13.00 sd 19.00

Kamis, 02 Desember 2010

Tips Seputar Seserahan

SESERAHAN

Menghias seserahan atau hantaran untuk acara pernikahan adalah suatu seni tersendiri. Tujuannya hanya satu, agar sesetahan yang diberikan oleh mempelai laki-laki dapat tampil menarik dan mengesankan. Hal ini karena seserahan merupakan simbol yanng memiliki arti penting, yakni sebuah ungkapan bahwa seorang suami akan memenuhi seluruh kebutuhan istrinya.

Barang-Barang yang lazim dijadikan seserahan adalah:

- Pakaian Pesta, umumnya berupa kebaya lengkap dengan kain panjangnya juga sepatu dan tas pesta

- Perlengkapan ibadah

- Pakaian sehari-hari, terdiri dari baju atasan, bawahan, sendal atau sepatu santai

- Pakaian kerja, hantaran ini tidak selalu ada, biasanya hanya untuk mempelai wanita yang bekerja kantoran saja.

- Pakaian dalam, terdiri dari celana dalam, bra, baju tidur, dll

- Peralatan mandi dan perawatan tubuh seperti sabun mandi, sabun wajah, pasta gigi, sikat gigi, shampo, scrub, dan handuk

- Kosmetik dan Parfum

- Perhiasan, gelang, cincin, anting, kalung, dll

- Seprai dan bed cover

- Gula dan kopi (sembako)

- Kue basah dan kering

- Buah-buahan



Barang-barang tersebut tidak harus ada dalam seserahan, namun barang-barang diatas memang umum diberikan pada saat seserahan. pada prinsipnya, barang yang diberikan adalah barang yang memang dibutuhkan dan akan digunakan oleh pengantin wanita. Jumlahnya pun sangat ditentukan oleh kebutuhan dan dana yang tersedia.




Seserahan pengantin umumnya dibawa saat hari H, bersamaan dengan mahar. Untuk adat Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur) hantaran ini biasanya diserahkan pada malam sebelum akad nikah atau acara midodareni (adat Jawa), dan “ngeyeuk seureuh” (adat Sunda). Namun tak jarang yang memberikan seserahan pada saat akad nikah.
Banyak yang tanya apa saja sih isi Seserahan. Untuk adat Jawa, seserahan yang wajib adalah pakaian untuk wanita dari atas sampai bawah. Singkatnya sih macam kebaya (bahan kebaya) dan kain jarit bawahannya. Isinya dan jumlahnya pun beragam, tergantung pada kesepakatan kedua calon pengantin, walaupun biasanya sang calon pengantin wanitalah yang lebih banyak menentukan ingin barang-barang apa saja dalam hantaran pernikahannya. Menurut keyakinan dan merupakan kepercayaan adat turun-temurun, jumlah hantaran ini harus ganjil, baik itu 5, 7, atau 9, tergantung selera dan budget tentunya.

Berikut adalah tips-tips dalam menyiapkan seserahan :
  1. Sebaiknya dibuat daftar-daftar barang yang akan dibeli. Selain baik untuk proyeksi budget, bagus juga untuk menentukan kapan sebaiknya mulai membeli barang-barang tersebut. Bisa disesuaikan dengan musim sale yang ada.
  2. Setelah daftar dibuat dan budget ditentukan, sebaiknya barang seserahan dapat mulai dicicil untuk membelinya dari jauh-jauh hari. Selain meringankan secara finansial karena tidak keluar sekali banyak, dapat meringankan beban pikiran juga. Dan memilih bisa lebih rileks dan tidak terburu-buru.. ;)
  3. Terutama untuk adat Jawa : Seserahan baiknya dalam jumlah ganjil sebesar 3,5,7,..13..25..39.. Terserah saja yang penting ganjil. Besarnya jumlah seserahan terserah pihak mempelai wanita.
  4. Hantaran balasan dari pihak perempuan ke pihak laki tidak boleh lebih banyak dari seserahan pihak laki-laki ke perempuan.
  5. Sebaiknya membeli barang-barang seserahan bersama-sama dengan mempelai wanita . Kalau ibu mempelai pria ingin ikut serta membelikan tetap harus disertai dengan kehadiran mempelai wanita. Kenapa begitu ? Well, kan seserahan itu kan ujung-ujungnya buat mempelai wanita. Jadi harus sesuai dengan selera mempelai wanita. Kalau disesuaikan dengan selera ibu mempelai pria takutnya tidak sesuai selera nya. Yaah beda jaman, beda generasi , pasti beda selera lah yaaa.. :)
  6. Beli kotak / wadah hantaran sesuai dengan selera kita.  yang penting cukup menempati barang-barang seserahan yang ada. Tidak terlihat/ tampak sumpek ketika kita menempatkan barang-barang seserahan tersebut pada kotak.
  7. Jika ingin menggunakan jasa hias seserahan minimal 3 minggu sebelum hari H harus menyerahkan ke tempat hias seserahan. Supaya tidak terburu-buru pengerjaannya dan hasilnya maksimal.
Bila dihias dengan cantik dan menarik, hantaran pernikahan tidak hanya dapat digunakan ketika upacara pernikahan berlangsung, tetapi juga sebagai unsur yang dapat mempercantik kamar pe ngantin anda. Hal ini dapat dilakukan dengan menghias hantaran sesuai dengan tema pesta yang anda gunakan. Oleh karena itu, informasikan pada keluarga mempelai pria mengenai gaya dan tema warna kamar pengantin sehingga pihak keluarga pria dapat menyesuaikan tema warna hantarannya.

Intinya, isi seserahan pengantin merupakan barang-barang kebutuhan sang pengantin wanita. Dan disesuaikan dengan kepantasan pemberian hantaran di keluarga masing-masing yang tentunya memiliki kepercayaan dan adat isitiadat masing-masing.

Berbagai bahan dasar kotak seserahan yang beredar di pasaran

Menjelang hari bahagia,yaitu hari pernikahan, sang calon pengantin pasti direpotkan dengan berbagai macam persiapan yang harus dikerjakan dengan segera, salah satunya adalah mengerjakan tata hias seserahan yang akan diberikan mempelai pria kepada mempelai wanita dihari pernikahan.

Untuk itu, kita perlu memilih kotak hantaran sebagai media dasar seserahan yang akan kita hias. Ada beberapa macam jenis dan model kotak seserahan. dari model yang yang sederhana, sampai dengan model yang lux.

Berikut berbagai bahan dasar kotak seserahan yang beredar di pasaran:

1. Kotak seserahan dengan bahan dasar kayu
2. Kotak seserahan dengan bahan dasar anyaman bambu

Contoh: kotak seserahan dengan anyaman bambu tutup mika

3. Kotak seserahan dengan bahan dasar anyaman tikar pandan
4. Kotak seserahan dengan bahan dasar hard cover
5. Kotak seserahan dengan bahan dasar besi
6. Kotak seserahan dengan bahan dasar anyaman rotan

Semua jenis ini pada umunya dijual sudah dalam bentuk siap pakai, dengan atau tanpa penutup.
Berikut contoh bahan penutup yang lazim digunakan untuk tata hias kotak seserahan :

1. Plastik kado
2. Kain jenis tile

Penutup kotak seserahan dengan kain tile

3. Plastik Mika yang dibentuk kotak
4. Kaca
5. plastik bening/polos
6. Acrylic

Sejatinya, apapun bahan dasar kotak seserahan yang dipilih untuk digunakan, asalkan kita pandai-pandai menata hiasnya, maka hasilnya pun akan cantik dan indah dipandang.

Selamat Memilih.... :D

 Dikutip dari Berbagai Sumber

1 komentar:

  1. Thanks ya infonya... sangat berguna. :)

    BalasHapus